Sabtu, 25 Februari 2017

Study Banding MIH - Pura Luhur Giri Arjuno Malang



Masih terlalu banyak mahasiswa yang sibuk berbicara soal kesuksesan dan tercapainya pekerjaan yang diharapkan, Pengabdian seolah hanya tugas bagi Veteran - Lenang Manggala, Perempuan Dalam Hujan: Sealbum Puisigrafi



Apa sih pengabdian masyarakat itu?

Menurut Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, yang dimaksud dengan pengabdian kepada masyarakat atau kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan yang mencakup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh civas akademika sebagai perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan katif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas terlebih bagi masyarakat ekonomi lemah.



Rangkaian acara lanjutan dari program Study Banding MIH Pascasarjana Universitas Warmadewa pada hari kedua adalah “Pengabdian Masyarakat di Pura Luhur Giri Arjuno, Malang”.



Pukul 06.00 Wib semua peserta berkumpul dengan memakai kain serta selendang. Kami melakukan perjalanan ke malang dengan menggunakan Bis dengan perkiraan waktu perjalanan 2,5 jam. Tapi berhubung terjadi kemacetan yang sangat parah, kami baru sampai di malang sekitar pukul 10.30 Wib. Kami melanjutkan perjalanan menuju Pura dengan menggunakan Shuttle Bemo, sudah kebayang kan gimana perjalanan yang sangat panjang & melelahkan merubah raut2 muka kami. Semua orang tampak kusut, kusam, lelah, letih, capek, lapar dan mulai kehilangan semangat, tapi semua nya terbayarkan begitu kami melihat pemandangan di sekitar lokasi Pura yang memukau. 



Pura Luhur Giri Arjuno merupakan pura terbesar di Jawa Timur, terletak di dusun Junggo bagian dari desa Tulungrejo Kota Batu. Pemandangan disekitar pura ini sangat indah, dengan view Gunung Arjuno, udaranya sejuk segar, dikelilingi oleh kebun apel yang sangat luas mulai dari apel jenis rome beauty, anna, manalagi, dan grany smith terhampar di sepanjang jalan menuju Pura, ditambah dengan kebun sayuran yang hijau, benar2 sangat memanjakan mata. 



Sebelum kegiatan dimulai semua teman2 yang beragama Hindu terlebih dahulu melaksanakan persembahyangan bersama di Pura, sedangkan teman2 yang non Hindu menunggu di luar Pura. 




Setelah Persembahyangan selesei kami semua dijamu untuk makan siang di area Pura. Udara yang segar, pemandangan kebun apel yang menggoda, pepohonan yang hijau serta sajian makanan khas jawa membuat makan siang kali ini benar2 nikmat. 

Di dekat Pura Luhur Giri Arjuno juga berdiri padepokan Pelinggih Hyang Sarip, dibangun tepat di depan Pura, disinilah kami melakukan dialog serta membersihkan lokasi di sekitar area Pura bersama. Kami juga menanam beberapa pohon sebagai wujud pengabdian kami kepada masyarakat.  




di Depan Pintu Masuk Pura Arjuno
Acara demi acara pengabdian masyarakat di Pura Luhur Giri Arjuno Malang sudah selesei kami laksanakan, tiba saatnya kami mohon pamit untuk kembali ke kota Surabaya. Kami mampir sejenak beberapa saat untuk membeli beberapa oleh2 di Pusat oleh2 dilanjutkan dengan acara makan malam di Hotel Royal Orchids Garden & Condominiums, Batu.
Makan Malam di Hotel Royal Orchids Garden & Condominiums, Batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inilah Hatiku

Syahdu lirikmu pecahkan sunyi malamku Di batas pergantian hari, Lirih senandungmu kembalikan kekuatanku lagi tuk terus menanti Wa...