Sabtu, 25 Februari 2017

Study Banding MIH - Traveling Ilmu Universitas Airlangga

Life is either a daring Adventure or nothing at all - Hellen Keller

Anggap saja kali ini kami sedang berpetulang, tapi dalam konteks yang sedikit berbeda, sebut saja yang sedang kami lakukan adalah : Berpetualang mencari ilmu yang lain.

Pukul 09.25 Wita, seluruh mahasiswa peserta study banding Program Studi Magister Ilmu Hukum Pasca Sarjana Universitas Warmadewa (MIH), bertolak menuju kota Surabaya diantar oleh Garuda Indonesia Airlines, Flight with GA341. Semua peserta duduk manis tanpa keributan sesuai dengan seat yang tertera pada Boarding Pass masing2.

Pukul 09.25 Wib, pesawat Garuda yang kami tumpangi dari Bali landing dengan cantik di Juanda International Airport Surabaya, yaa..kurang lebihnya lah ya, karna ada perbedaan waktu 1 jam lebih cepat di Bali dan di Surabaya. Kami Setelah proses pengambilan bagasi, acara dilanjutkan dengan “Sightseeing Kota Surabaya”. Berbeda dengan cuaca di Bali yang sangat panas menyengat, cuaca di Surabaya diguyur hujan rintik-rintik.

Pukul 11.30 Wib, kami sampai di Hotel Best Western Papilo untuk istirahat makan siang, bersantai sejenak menyelonjorkan kaki, meluruskan pinggang dan tak lupa berfoto ria bersama teman2. Namanya juga wanita, sebagai makhluk yang tanggap kamera, selelah & secapek apapun, ga peduli muka udah lecek, kusut, kusam, teteeeep aja wajib photo2, hehehe…

Okee…makan sudah, istirahat sudah, tiba saatnya lanjut ke acara utama yaitu Study Banding ke Kampus B Fakultas Hukum Universitas Airlangga dengan menggunakan Bis yang sudah disediakan oleh pihak travel, dalam hal ini travel yang bekerjasama dengan kampus kami adalah “PT. Bali Wina Negara Tours & Travel (BWN)”. Kami terbagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan kelas masing2, Bis A untuk MIH kelas A dan Bis B untuk MIH kelas B, dengan total peserta sebanyak 70 orang, serta di pandu oleh Guide lokal yang sangat ramah & menyenangkan.

Pukul 13.00 Wib kami sampai di Kampus B Universitas Airlangga dan langsung diantar menuju ruang study banding. Sampai beberapa jam kedepan kami berdiskusi tentang berbagai hal, tentang perkembangan hukum terkini, situasi politik yang sedang hangat, upaya peningkatan kerjasama antar universitas agar kedepannya semakin baik, dan masih banyak pembahasan yang bermanfaat lainnya. Setelah acara utama selesei kami berkesempatan mengunjungi Perpustakaan Fakultas Hukum Unair untuk melihat koleksi tesis serta tak lupa kami mampir ke Book Store Fakultas Hukum Unair untuk membeli beberapa buku yang bisa menunjang penulisan tesis kami. Banyak sekali ilmu yang bermanfaat dan pengalaman baru yang kami dapatkan selama Study Banding di Kampus B Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

Waktu sudah menunjukkn pukul 17.00 Wib, sudah saatnya kami kembali ke Hotel untuk beristirahat, untuk memulihkan tenaga karna besok kami harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk melaksanakan kegiatan lainnya yaitu : Pengabdian Masyarakat di Pura Luhur Gunung Arjuno Malang, Jawa Timur.

Benar kata pepatah It is only in adventure that some people succeed in knowing themselves - in finding themselves - Andre Gide.